Headline, Keuangan

Menkeu Berlakukan Kurs Pajak Hingga 11 April 2010

Beberapa mata uang asing dari total 25 mata uang asing yang telah ditetapkan nilai rupiahnya adalah USD, AUD, CAD, HKD, MYR, GBP, SGD, CHF, JPY, EUR, CNY. Paulus Yoga 

 

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani, melalui Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Mulia P. Nasution, pada 5 April 2010, menyatakan pemberlakuan Keputusan Menteri (KM) Keuangan RI No. 08/KM.11/2010.

 

KMK ini mengatur nilai kurs sebagai dasar pelunasan bea masuk, pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah, pajak ekspor, dan pajak penghasilan.

 

Atas pertimbangan perlunya pelunasan hal tersebut di atas, bilamana uang yang diterima atau diperoleh berupa uang asing, Menkeu mengharuskan mengubah terlebih dahulu nilai mata uang asing tersebut ke dalam rupiah.

 

Beberapa mata uang asing dari total 25 mata uang asing yang telah ditetapkan nilai rupiahnya adalah USD, AUD, CAD, HKD, MYR, GBP, SGD, CHF, JPY, EUR, CNY.

 

Dalam keputusan tersebut, 1 USD ditetapkan senilai Rp9.096,60, sementara 1 EUR ditetapkan senilai Rp12.247,30.

 

Untuk kurs valuta asing lainnya yang tidak tercantum dalam KM Keuangan ini, Menkeu menetapkan kurs yang digunakan sebagai dasar pelunasan adalah kurs spot harian valuta asing yang bersangkutan di pasar internasional terhadap USD yang berlaku pada penutupan hari kerja sebelumnya, kemudian dikalikan kurs rupiah terhadap USD sebagaimana ditetapkan dalam KM Keuangan.

 

KMK ini berlaku untuk pada 5 April 2010 sampai 11 April 2010. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *