Ekonomi dan Bisnis

Antam juga Ajukan Proposal Kelola Inalum

PT PLN dan PT Aneka Tambang (Antam) mendatangi BUMN untuk membahas pengelolaan dan evaluasi keadaan perlistrikan di kawasan utara (Asahan 3 Inalum). Dwitya Putra

Jakarta–Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar mengaku, telah bertemu dengan PLN dan Antam untuk membahas kelanjutan masalah pengelolaan Inalum. Khusus untuk PLN, kata Mustafa, pihaknya bersama PLN membahas evaluasi saja keadaan perlistrikan di daerah tersebut.

Mustofa menjelaskan, kondisi perlistrikan Inalum hanya cukup untuk dirinya sendiri. Inalum dinilai tidak bisa mensuplay listrik keluar, dan kalau pun untuk peningkatan kapasitasnya, Inalum masih terkendala dengan listrik.

“PLN kita minta untuk meningkatkan Asahan 3 supaya dapat terlaksana sebagaimana yang sudah di beri izin oleh Menteri ESDM,” kata Mustafa, usai melakukan sholat Jumat, di kantor Kementrian BUMN Jakarta, Jumat, 18 Februari 2011.

Sedangkan untuk Antam, ia menambahkan, saat ini Antam masih dalam posisi menawarkan diri. Namun, sejauh ini masih belum ada progres dari Inalum untuk dikelola oleh Antam.

“Kita tunggu rapat hari ini bagaimana. Sebelumnya Antam pada posisi menawarkan diri namun belum ada progres,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengungkapkan adanya tiga opsi untuk mengoperasikan Inalum, bila sepenuhnya dikuasai Indonesia.

Tiga opsi tersebut antara lain dikelola sepenuhnya oleh PT Aneka Tambang (Antam), pemerintah membentuk BUMN baru bila sepenuhnya dibiayai dari APBN, dan membentuk perusahaan baru bila terdapat lebih dari satu BUMN yang ingin membeli saham Inalum tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *