Headline, Keuangan

Pemerintah Genjot Ektensifikasi Pajak

Pemerintah akan meningkatkan pendapatan pajak dari ektensifikasi. Namun, harus mengkaji dan mendalami dahulu. Kristopo

Jakarta–Direktorat Jenderal Pajak terus mengejar target pendapatan negara dari pajak. Tahun ini, Dirjen Pajak akan menggenjot pendapatan pajak dari intensifikasi dan ektensifikasi.

“Sebenarnya dari semua sisi kami meningkatkan pendapatan pajak. Artinya, kita akan mempelajari semua potensi pajak. Pajak yang belum tergali. Baik dari ekstensifikasi maupun intensifikasi. Tetapi, fokusnya lebih banyak diektensifikasi karena masih banyak wajib pajak (WP) kita yang belum bayar pajak sepenuhnya,” kata Dirjen Pajak A. Fuad Rachmany, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis, 10 Februari 2011.

Fuad menambahkan, dalam meningkatkan pendapatan pajak dari ektensifikasi ini harus mengakaji dan mendalami lagi yang lebih efektif, agar lebih banyak WP yang membayar pajak.

“Saat ini penerimaan kita yang ratusan triliun itu baru berapa persen dari potensi WP. Jadi, kita meningkatkan kapastias kita di sisi SDM,” ujarnya.

Mantan Kepala Bapepam-LK itu optimis, dapat memperbaiki cara kerja dan metode dalam membuat profil, benchmark dan dipahami oleh petugas account reprentative, maka pendapatan pajak akan lebih baik.

“Tentu ada upaya untuk melakukan training. Ini mulai dikaitkan selama ini dan terus di dorong.  Semoga, jika semua itu dilakukan akan menaikkan pendapatan pajak,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *