Banking LifeStyle, Headline

Lima Pilihan Produk Tabungan Pendidikan

Orang tua mana sih yang tidak mau anaknya sekolah tinggi-tinggi? Hampir dipastikan semua orang tua mengingkan itu. Namun, biaya pendidikan mahal kadang membuat orang tua mengernyitkan dahi. Dari mana biayanya? Itulah sebabnya, tabungan pendidikan menjadi salah satu pilihan investasi masa depan anak. Rully Ferdian

Selain tabungan anak, beberapa bank pun memiliki produk tabungan pendidikan. Tujuannya kurang lebih sama, yakni ditujukan orang tua untuk anaknya. Jika tabungan anak dapat mendidik anak untuk menabung, maka tabungan pendidikan mendidik orang tua menabung untuk sang anak.

Lantas, apa bedanya asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan? Meski memiliki tujuan sama, asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda. Asuransi pendidikan merupakan asuransi plus investasi untuk pendidikan, sedangkan tabungan pendidikan adalah investasi untuk pendidikan yang dilindungi oleh asuransi.

Biro Riset Infobank mencatat lima bank yang miliki produk tabungan pendidikan. Berikut di antaranya:

1. Bank Negara Indonesia: BNI Tapenas

Dengan setoran awal minimal Rp100 ribu, nasabah sudah bisa mendapatkan tabungan ini. Nasabah juga bebas menetapkan besarnya setoran bulanan, mulai dari Rp100 ribu sampai Rp5 juta (kelipatan Rp50 ribu). Setoran dapat dilakukan dengan dengan cara mendebit rekening yang ditunjuk (Taplus, Taplus Utama atau Giro Perorangan Rupiah) setiap bulan secara tetap, sehingga nasabah tidak perlu datang setiap bulan untuk menyetor.

BNI Tapenas tersedia tujuh belas pilihan jangka waktu tabungan mulai dari dua tahun sampai dengan delapan belas tahun. Nasabah juga mendapat jaminan asuransi jiwa otomatis dengan Uang Pertanggungan hingga Rp800 juta diberikan secara cuma-cuma tanpa harus membayar premi (premi atas beban bank) dan tanpa pemeriksaan kesehatan.

2. Bank Danamon: Tabungan Pendidikan Danamon

Tabungan Pendidikan Danamon merupakan tabungan berjangka dengan hasil tinggi sekaligus memberikan proteksi asuransi jiwa 200x setoran bulanan terhadap resiko seperti meninggal dunia dan mengalami cacat tetap menyeluruh yang diakibatkan oleh sakit dan/atau kecelakaan.

Manfaat lain dari tabungan ini berupa investasi dana pendidikan ini memiliki berbagai manfaat dan fleksibilitas tinggi seperti, setoran bulanan dengan berbagai pilihan, penambahan dana (STT) yang dapat dilakukan kapan saja, dapat dicairkan setiap saat dengan biaya ringan. Dengan tabungan ini, nasabah juga akan memperoleh tingkat suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa, yaitu senilai 4.50%.

3. Bank International Indonesia: BII EduPlan

Tabungan Pendidikan BII juga memberikan keuntungan kepada nasabah, di antaranya manfaat perlindungan asuransi hingga maksimum Rp1,5 miliar. BII juga memberi pilihan pembayaran premi dan non premi, termasuk pilihan pilihan mata uang, yaitu rupiah dan dolar AS.

Dalam hal terjadi penutupan tabungan pendidikan sebelum jatuh tempo, maka nasabah dikenakan biaya administrasi sebesar 1% atau minimal Rp100 ribu—mana yang lebih besar dari total dana yang ditarik. Dan yang sudah jatuh tempo tidak dikenakan biaya penutupan.

4. Bank CIMB Niaga: Tabungan Pendidikan (Floating dan Fixed)

Nasabah Bank CIMB Niaga bisa memilih mata uang tabungan pendidikan, yakni dalam bentuk rupiah dan dolar AS. Suku bunga dari mata uang ini juga berbeda. Dalam bentuk rupiah suku bunga floating yang ditawarkan sebesar 5.5%. Sedangkan suka bunga floating dalam bentuk dolar AS sebesar 0,65%.

Selain itu, nasabah juga menentukan jatuh tempo tabungan (minimal 2 tahun, maksimal hingga usia penabung mencapai 60 tahun), menetapkan jumlah setoran rutin bulanan, minimal Rp100.000/USD 10 per bulan, menambahkan dana diluar setoran rutin bulanan dengan melakukan penyetoran langsung ke rekening tabungan pendidikan.

Sedangkan biaya administrasi tabungan pendidikan sebesar Rp1.500/USD 0.25 per bulan dikenakan setiap bulan pada tanggal pembukaan rekening mulai bulan ke-13, biaya gagal auto debit selama 3 bulan berturut-turut sebesar Rp2.500/USD 0,25 per bulan mulai dari tunggakan pertama.

5. Bank Bukopin: Tabungan Rencana Pendidikan

Bagi nasabah yang ini membuka tabungan ini, maka bebas menentukan rencana masa depan putra-putrinya dan membantu mereka memastikan cita-cita mereka. Tabungan ini fleksibel menentukan dan mengubah jumlah setoran bulanan mulai Rp100 ribu. Jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 18 tahun.

Khusus manfaat pendidikan, Saldo Jaminan Perencanaan (SJP) dapat ditarik 50% per usia masuk di setiap jenjang pendidikan dalam hal ini adalah ketika usia Tertanggung (anak dari penabung) mencapai usia 3, 6, 12, 15 dan akhir kontrak.

Setiap pembukaan rekening dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa pemeriksaan kesehatan. Nasabah juga dapat knsultasi perencanaan dengan customer service dan relationship officer. (*)

6 comments

  1. Bagaimana membuka tabungan pendidikan di bank BNI apabila tidak memiliki rekening sebelumnya di BNI ?

  2. syarat buka tabungan pendidikan, harus punya tabungan utama yang berfungsi sebagai sumber untuk mendebit setoran bulanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *