Ekonomi dan Bisnis, Headline

Tiga Pilar Asean Community Menuju Asean Bersatu

Tiga pilar Asean Community akan mempersatukan wilayah Asean di masa depan. Ke depan bagaimana juga mewujudkan pasar tunggal Asean. Kristopo

Jakarta–Kesepakatan pembentukan Asean bersatu akan terwujud pada 2015. Tiga pilar dalam Asean Community akan cepat merealisaikan pembentukan Asean bersatu.

Ketiga pilar tersebut antara lain, pertama, political security. Kedua, economi community. Ketiga, sosio culture.

“Kalau ditanya ketiga pilar tersebut maka Asean akan bersatu dalam pembentukan Asean bersatu 2015,” kata Ambasador Permanent Representatif of Indonesia to Asean, Ngurah Swajaya, kepada wartawan, di Jakarta, 27 April 2011.

Dia menambahkan, dalam pembentukan Asean bersatu ini perlu implementasi dari rencana tersebut sebagai bule print Asean. Artinya, bagaimana Asean dapat menjamin stabilitas keamanan di Asean, menjamin Asean sebagai kawasan yang menarik dan Asean dapat menjamin dapat terus berperan dengan baik.

Sementara itu, lanjutnya, dari sisi ekonomi bagaimana lebih mewujudkan Asean menjadi pasar tunggal Asean agar lebih dipercepat pada 2015.

“Mewujudkan Asean sebagai competitive product based. Kalau Asean sebagai competitive production based bagi perusahaan -perusahaan di luar Asean, maka akan lebih kompetitif bagi pedagang kalau basis produksinya di Asean, karena pendekatannya pada tenaga kerja di Asean,” jelasnya.

Sedangkan pendekatan pada sosio culture merupakan kerjasama dalam rangka penanggulangan bencana.

Bencana ini, masih kata Ngurah Swajaya, tidak hanya terjadi di Asean melainkan terjadi juga di luar Asean. “Salah satu yang paling konkrit adalah pembentukan Humanterion Assistence Center (HAC) di Jakarta,” ujarnya.

Tujuan pembentukan HAC adalah untuk mempersiapkan jika negara Asean terkena bencana. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *