Tokoh

Jos Luhukay: Ingin Menjadi Dosen Tamu

Setelah tidak menjadi eksekutif di bank, Jos Luhukay kini menyibukkan diri dengan membuat tulisan. Keinginan selanjutnya adalah mengajar di kampus. Bagaimana dengan teknologi perbankan? Kristopo

Jakarta–Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seseorang setelah tidak beraktifitas formal lagi. Misalnya berkebun, berternak dan membuka usaha baru.

Namun, aktifitas yang dilakukan mantan Wakil Direktur Utama Bank Danamon, Jos Luhukay, setelah tidak beraktifitas menjadi bankir adalah melakukan kegiatan menulis.

“Saya banyak menulis mengenai masalah perbankan yang ada saat ini. Tulisan itu saya muat di media massa,” kata Jos, kepada Infobanknews.com, di Jakarta, Senin, 2 April 2011.

Menurutnya, selain melakukan kegiatan menulis untuk media massa, mantan Presiden Direktur LippoBank ini juga kerap mengadakan diskusi dengan beberapa jurnalis berkaitan dengan topik perbankan yang sedang hangat saat ini.

Namun, di antara dua kegiatan yang telah dilakukannya setelah tidak menjadi direksi bank lagi, Jos merasa masih ada yang kurang di dalam dirinya, yaitu keinginannya untuk menjadi dosen tamu di suatu kampus.

“Saya juga ingin mengajar di kampus. Tetapi sebagai dosen tamu. Bukan dosen tetap. Kalau dosen tetapkan harus menyiapkan riset yang mendalam. Nah, saya agak kesulitan kalau menyiapkan riset secara terus menerus. Karena saya bukan ilmuwan,” ujarnya.

Dahulu, akunya, dirinya juga sebagai ilmuwan. Namun, saat ini telah lama sebagai praktisi. Ketika ditanya mengenai kemajuan teknologi perbankan saat ini, Jos mengatakan, perbankan di Indonesia harus menuju kepada beyond transaction (BT).

“Perbankan saat ini belum menjalankan data audit dan simulasi mengenai BT. Kalau BT tidak dilakukan saat ini, maka perbankan Indonesia tidak akan maju di sisi teknologi pada masa yang akan datang,” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *