Headline, Perbankan

Terbitkan Kartu Kredit Baru, Citibank Dorong Nilai Transaksi

Dalam meningkatkan jumlah dan nilai transaksi bisnis kartu kreditnya, Citibank menerbitkan kartu kredit Citibank Rewards Card, yang digadang-gadang akan menjadi satu-satunya produk kartu kredit dari bank Asal Amerika Serikat tersebut di pasar Indonesia. Paulus Yoga

Jakarta–Salah satu persoalan terberat yang dihadapi dalam jangka waktu 1,5 tahun ke depan coba disiasati Citibank NA Indonesia dengan menerbitkan kartu Kredit baru Citibank Rewards Card (CRC) bagi nasabah lama, untuk mendorong nilai transaksi tetap tinggi dalam menjaga raihan pangsa pasar.

“Karena Citibank tidak bisa menerbitkan kartu bagi nasabah baru, maka pangsa pasar yang akan kami pertahankan adalah jumlah dan nilai transaksi,” tukas Managing Director Card and Loan Business Head Citibank Suparman Kusuma, kepada wartawan usai peluncurkan CRC di Jakarta, Rabu, 21 September 2011.

Sebelum terjadi insiden kematian nasabah Irzen Octa pada akhir Maret lalu, Citibank memiliki pangsa pasar terbesar dalam kartu kredit, dengan porsi antara 14%-15% dari total industri.

Seperti diketahui, bank asal Amerika Serikat tersebut diganjar sanksi tidak boleh menerbitkan kartu untuk nasabah baru selama dua tahun selepas meninggalnya nasabah kartu kredit Citibank Irzen Octa.

Dengan CRC, Citibank menawarkan point reward hingga tiga kali lebih besar dari kartu kredit Citibank yang ada saat ini. Point reward tersebut bisa ditukarkan di sejumlah merchant penjualan baik dalam dan luar negeri.

Suparman mengungkapkan, saat ini jumlah kartu kredit Citibank yang diterbitkan mencapai 1,6 juta kartu. Sementara rata-rata transaksi perbulan mencapai 300 ribu transaksi dengan nilai mencapai Rp2 triliun hingga Rp2,5 triliun.

“Setiap bulan fluktuatif namun mungkin rata-ratanya sebesar itu. Dengan CRC kami mengharapkan bisa bertambah 10%15%. Itu target konservatif,” tandasnya.

Dengan keberadaan kartu baru tersebut, lanjutnya, semua pemegang kartu kredit Citibank bisa mengkonversi kartu yang dimiliki menjadi CRC. Namun, untuk tahap awal Citibank akan menawarkan konversi bagi nasabah kartu kredit Gold yang saat ini berjumlah 500 ribu.

“Strategi ini dilakukan karena kami ingin keuntungan yang diberikan relevan dengan kebutuhan nasabah. Ke depan tidak relevan lagi kartu kredit metal seperti Platinum, Gold dan Silver dan Citibank akan tawarkan CRC yang merupakan brand kami sendiri,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *