Headline, Teknologi

Tingkatkan Layanan, 5 BPR Urus Izin Pembukaan ATM

Dalam meningkatkan layanan kepada nasabahnya, lima BPR siap mengekor enam BPR yang telah memiliki layanan ATM. Saat ini Bank Indonesia tengah memroses perizinan pembukaan ATM oleh lima BPR, yang jatidirinya tidak diungkapkan bank sentral. Paulus Yoga

Jakarta–Bank Indonesia (BI) menyatakan, lima Bank Perkreditan Rakyat (BPR) siap meluncurkan anjungan tunai mandiri (ATM) untuk melengkapi layanannya. Karena saat ini service excellence atau layanan prima bukan hanya hak bank-bank umum.

“Itu ada lima BPR yang minta izin buka ATM. Mereka ikut membuka ATM karena saat ini BPR tanpa ATM itu ibaratnya sayur tanpa garam,” tukas Kepala Biro Kebijakan dan Pengembangan Sistem Pembayaran BI Aribowo, saat ditemui wartawan di Kompleks Gedung BI, Jakarta, Jumat, 30 September 2011.

Ditanya lebih lanjut, Aribowo enggan mengungkapkan BPR mana saja yang akan menambah layanan ATM dalam bisnisnya. Namun, ia tidak membantah kalau kelima BPR tersebut termasuk dalam BPR beraset besar.

“Nah, ini nanti tergantung dari kesiapan bank dalam menyelesaikan sejumlah persyaratan dari BI. Kadang-kadang untuk menyelesaikan persyaratan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Adapun beberapa persyaratan dari bank sentral tersebut di antaranya, izin usaha, standard operational procedure (SOP), hingga audit keamanan. Kalau sudah memenuhi persyaratan, maka BI akan mengeluarkan izin paling lama 45 hari kerja.

“Kami ada prosedur bahwa izin akan keluar dalam 45 hari kerja, yakni dari pengajuan sampai selesai, sepanjang persyaratan sudah dipenuhi sesuai peraturan,” tandas Aribowo.

Berdasarkan data BI, saat ini sudah enam BPR yang membuka layanan ATM, diantaranya BPR Eka Bumi Artha, BPR Karyajatnika Sadaya dan BPR Semoga Jaya Artha. Selain pembukaan ATM dari BPR, bank sentral juga tengah memroses izin pembukaan ATM dari PT Bank Chinatrust Indonesia, sedangkan untuk PT Bank ICBC Indonesia pembukaan ATM sudah bisa dilakukan pada tahun ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *