Headline, Teknologi

Interkoneksi ATM BCA dan Mandiri: Awal Menuju National Payment Gateway

Sistem interkoneksi antarjaringan penyedia ATM tersebut akan membuat sistem pembayaran perbankan nasional makin efektif dan efisien, sehingga nasabah masing-masing bank tidak kesulitan untuk melakukan transaksi lintas bank di masing-masing ATM. Rully Ferdian

Jakarta–Interkoneksi ATM (automatic teller machine) antara PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dengan PT Bank Mandiri Tbk. bisa mencatat catatan sejarah baru bagi perbankan nasional.

Betapa tidak! Upaya menyatukan jaringan kedua bank dengan jumlah ATM terbanyak tersebut diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan national payment gateway, sehingga transaksi lintas ATM dan bank dapat terbuka luas bagi para nasabah.

“Ya, ini tahap awal saja yang ideal kita menuju national payment gateway,” kata Kepala Biro Kebijakan dan Pengembangan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Aribowo, kepada Infobanknews.com, di Jakarta, belum lama ini.

Lantas siapa yang ditungkan dari interkoneksi ini? Yang pertama tentu nasabah dari masing-masing bank itu. Nasabah BCA bisa menggunakan ATM Bank Mandiri. Begitu pula sebaliknya.

Namun, yang jauh lebih penting dari interkoneksi ini, sistem interkoneksi antarjaringan penyedia ATM tersebut akan membuat sistem pembayaran perbankan nasional makin efektif dan efisien, sehingga nasabah masing-masing bank tidak kesulitan untuk melakukan transaksi lintas bank di masing-masing ATM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *