Headline, Keuangan

Indonesia Masuk Anggota Dewan Organisasi Profesi Akuntan Dunia

IFAC merupakan organisasi profesi akuntan dunia yang merepresentasikan 2 juta akuntan yang bernaung dalam 167 asosiasi profesi akuntan anggota IFAC yang tersebar di 127 negara. Rully Ferdian

Jakarta–Indonesia mendapat kehormatan dengan terpilihnya wakil Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebagai anggota Dewan Organisasi Profesi Akuntan Dunia periode 2011-2014. Keputusan tersebut ditetapkan dalam pertemuan tahunan International Federation of Accountants (IFAC) yang berlangsung di Berlin, Kamis 17 Nopember 2011.

Keterangan pers Ikatan Akuntan Indonesia, di Jakarta, Jum’at, 18 Nopember 2011, menjelaskan,
Ahmadi Hadibroto, menorehkan sejarah sebagai anggota IFAC Board pertama dari Indonesia sejak dibentuknya IFAC pada 1977.

IFAC merupakan organisasi profesi akuntan dunia yang merepresentasikan 2 juta akuntan yang bernaung dalam 167 asosiasi profesi akuntan anggota IFAC yang tersebar di 127 negara.

Terpilihnya Ahmadi menduduki jajaran dewan organisasi prestisius yang beranggotakan 22 orang tersebut telah diprediksi mempertimbangkan ketokohan sebelumnya dikawasan Regional. Dukungan terhadap Ahmadi juga disuarakan oleh ASEAN Federation of Accountants yang pernah diketuai Ahmadi pada 2006-2007.

Selain Ahmadi, lima anggota baru IFAC yang terpilih adalah Rachel Grimes dari Australia, Ganapathy Ramaswamy dari India, Makoto Shinohara dari Jepang, Masum Turker dari Turki, dan Steven Vieweg dari Kanada.

Enam anggota Dewan IFAC baru tersebut lolos melalui tahap fit and profer yang dilaksanakan oleh Komite Nominasi IFAC jauh hari sebelumnya. Proses pemilihan kandidat mewakili keragaman dan keseimbangan gender, wilayah, dan pengalaman profesional dunia akuntansi.

Sebagai Anggota Dewan IFAC, Indonesia akan ikut dalam pembahasan intensif berbagai isu internasional yang terkait dengan profesi akuntan, mulai pada sidang Dewan IFAC hari Jum’at 18 September ini di Berlin.

Dalam kapasitasnya sebagai Anggota Dewan, Indonesia juga akan menentukan proses pengambilan keputusan-keputusan strategis dalam isu-isu global terkait pengembangan dan penguatan profesi akuntan meliputi akuntan pendidik, akuntan sektor publik, akuntan manajemen dan akuntan publik.

“Ini menjadi prestasi bagi akuntan Indonesia karena untuk pertama kalinya masuk dalam jajaran pengurus IFAC,” kata Ketua DPN IAI Mardiasmo.

Mardiasmo mengaku, dengan adanya perwakilan Indonesia dalam IFAC otomatis akan meningkatkan nilai tawar profesi akuntan dalam negeri di mata internasional. Terpilihnya wakil IAI ini telah menunjukkan pengakuan Indonesia sebagai negara G-20 dengan kualitas akuntan Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain di Eropa dan Amerika.

“Prestasi ini  diharapkan dapat mengangkat nama baik Indonesia dalam kancah internasional dan semakin memajukan profesi akuntan Indonesia. Memberi semangat bagi akuntan-akuntan Indonesia untuk semakin berkarya, meningkatkan eksistensi akuntan dan berkontribusi maksimal bagi kemajuan perekonomian bangsa dan negara.” ujarnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *