Headline, Perbankan

Saham Sektor Komoditas Rawan Koreksi

Maraknya sentimen negatif, membuat posisi IHSG dibuka tertekan. Apa penyebabnya dan saham apa saja yang diperkirakan terkoreksi. Dwitya Putra

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 22.349 poin (0,58%) ke level 3,769.904 Pada perdagangan Jumat, 18 November 2011. Sedangkan Indeks LQ 45 turun 5.589 poin (0,83%) ke level 667,665.

Penurunan ini terjadi seiring koreksi bursa-bursa Asia lainnya yang dibuka merosot hingga 1,5% akibat munculnya sentimen negatif dari Eropa maupun Amerika Serikat (AS).

Obligasi di Spanyol dan Perancis semalam serta antisipasi proses persetujuan pemotongan defisit APBN AS di parlemen pekan depan. Selain itu Spekulasi kabar bahwa Italia tidak akan mendapatkan bantuan stimulus dari European Financial Stability Facility juga menjadi sentimen negatif semalam.

IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan kembali melanjutkan koreksinya seiring pelemahan bursa regional. Saham-saham sektor komoditas khususnya energy diperkirakan akan mengalami tekanan koreksi seiring penurunan harga komoditas dunia semalam.

Seperti diketahui, harga komoditas dunia turut terkoreksi signifikan semalam dengan harga minyak turun 3.7% kembali ke level US$98.8/barel diikuti harga Timah  -1.6% dan Tembaga -2.9%.

“Support indeks berada di level 3,765,” kata Analis Samuel Securitas Indonesia, Yualdo Yudoprawiro, dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat, 18 November 2011. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *