Keuangan

Askes: Asuransi InHealth Tidak Akan Gantikan Askes

Perpindahan Askes ke BPJS juga tidak akan digantikan posisinya oleh siapapun, termasuk InHealth. Dalam hal ini, InHealth tetap akan pada posisinya dalam fungsi dan tugasnya. Angga Bratadharma

Jakarta–PT Askes (Persero) menyatakan bahwa perubahan Persero ke dalam BPJS tidak memengaruhi fungsi dan tugas Persero setelah menjadi BPJS. Selain itu, Asuransi InHealth juga tidak akan menggantikan posisi Askes meski InHealth akan menjadi BUMN.

“Fungsinya Askes itu tidak berubah, hanya namanya saja yang berubah, tapi tugas dan fungsinya sama. Askes yang kemarin dan nanti hari itu sama juga”, tandas Kepala Grup Akuntansi Askes, Heru Chandra, kepada wartawan, seusai Seminar BPJS, di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2012.

Ia menuturkan, perpindahan Askes ke BPJS juga tidak akan digantikan posisinya oleh siapapun, termasuk InHealth. Dalam hal ini, InHealth tetap akan pada posisinya dalam fungsi dan tugasnya, baik sebelum menjadi BUMN maupun setelah menjadi BUMN.

“Yang di-cover BPJS itu untuk sistem jaminan sosial. Kita sistemnya. Sementara InHealth aka sama saja baik sekarang maupun jadi BUMN nantinya. InHealth itu komersialnya”, tandasnya.

Ia menambahkan, dalam masa transformasi Askes ke BPJS, Askes masih memiliki beberapa kendala yang masih harus diselesaikan agar transformasi bisa berjalan dengan baik, baik mengenai database, manfaat BPJS, maupun provider-nya.

“Semua masalah itu di list dan di identifikasi. Jadi peraturan yang dibangun mengacu pada masalah yang ada sekarang. Sebenarnya secara internal kita sudah menyiapkan antisipasi corporate yang sudah dilakukan, tapi banyak yang diluar corporate“, tukasnya.

Menurutnya, masalah diluar corporate tidak bisa dilakukan banyak oleh Askes. Alasanya, hal itu merupakan lingkup pemerintah sebagai regulator. Sementara BPJS hanya bersifat sebagai teknis atau provider.

“Kita secara internal memberikan masukan. Misal kepesertaan, askes sudah punya begini nah itu harusnya gimana. Yang kita lakukan bagaimana memperbaiki bisnis di internal, bagaimana pelayanan lebih cepat dan lebih oke. Misal sekarang perkembangan organisasi”, tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *