Headline, Perbankan

Gaji Direksi BUMN Ungguli Gaji Gubernur BI

DPR prihatin besarnya gaji direksi BUMN karena Menteri Keuangan dan Menteri Negara BUMN sebagai pemegang saham tidak melihat hal ini. Gaji direksi BUMN bisa mencapai Rp250 juta, sedangkan pegawai dasarnya hanya Rp2 juta. Dwitya Putra

Jakarta–Gaji Gubernur Bank Indonesia (BI) yang tercatat hingga Rp166 juta ternyata masih lebih rendah dibandingkan dengan gaji direksi dan komisaris perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Melihat kondisi ini, Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis, sangat menyayangkan karena tidak terpantau Menteri BUMN dan Menteri Keuangan terkait kesenjangan gaji antara pegawai dasar BUMN dengan direksinya.

“Bayangkan saja BUMN itu gap gaji direksi dan pegawai dasar jauh dengan yang di BI. BI saja hanya 58 kali, tapi itu BUMN sebut saja Bank Mandiri itu mencapai 97 kali,” kata Harry, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu, 8 Febuari 2012.

Menurutnya, hal ini sangat disayangkan kaarena Menteri Keuangan dan Menteri Negara BUMN sebagai pemegang saham tidak melihat hal ini. Dikatakan Harry, gaji direksi BUMN bisa mencapai Rp250 juta, sedangkan pegawai dasarnya hanya Rp2 juta.

Menurut Harry, standar gaji BI memang masih dibawah pasar. Padahal, BI selaku otoritas moneter yang mengawasi bank-bank BUMN juga pekerjaannya lebih berat. “Tapi itu kan BUMN dan sudah keputusan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Namun, perlu dikaji,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI,  Arif Budimanta menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, melihat gaji direksi tidak sesuai dengan kondisi bunga perbankan saat ini.

“Gaji direksi BUMN terutama bank BUMN besar, tapi bunga masih tinggi,” tegas Arif. (*)

10 comments

  1. Yang harus diperjuangkan DPR itu gaji pegawai terendah memang harus dinaikkan. Minimal 5 juta per bulan. Mereka bekerja keras di tengah gempuran bank-bank asing . Untuk para direksi silahkan saja gaji 250 jt per bulan selama target yg ditetapkan kementrian bumn tercapai. Let’s talk about bisnis Mr DPR

  2. Betul itu….ngapain dpr ngurusin gaji direksi….mending perjuangkan gaji pegawai dasar dari 2 juta menjadi 5 jt…klo dpr ngurusi gaji direksi yg gede brarti dpr iri dong….ya wajar aja direksi gede krn target tercapai dari pada dpr yg kerjanya hanya foya foya………….

  3. Dpr itu iri saja melihat gaji yang tinggi..padahal mereka sendiri berfoya-foya. Anggaran negara banayak terpakai untuk mereka. Kalau di bank kerjanya jelas bank bisa membantu perkenomian suatu negara. Dpr ?

  4. Miris sekali membacanya, gaji direksi BUMN (bank mandiri, BRI) begitu besar, namun gaji pegawai dasar utk hidup saja sudah pas pasan bahkan kurang (pengalaman pribadi), jika ada vote sy yakin 99 % pegawai dasar mendukung saya, padahal keuntungan BUMN tersebut menyumbangkan APBN negara yg besar (keuntungan rata2 10 Trilyun) setiap tahun, tidak sebanding dengan pekerjaan dan tekanan yg besar utk mencapai target, semua itu demi keuntungan yg besar yg sebagian besar menjadi pendapatan negara, bandingkan dengan gaji pegawai dasar Kemenkeu????gaji sudah besar saja masih doyan korupsi????Bank Indonesia???Pertamina???PLN??? Jauuuuuhhhhh, silahkan dibuka kesempatan bagi anggota DPR / Siapapun yang ingin beramal sholeh karena memperjuangkan nasib pegawai dasar bank BUMN guna meningkatkan taraf hidupnya, karena merekalah sebenarnya pahlawan2 negara yang tertindas.

  5. saya karyawan mandiri merasakan sendiri kesenjangan antara pegawai dasar dgn pegawai atasan , gaji saya 3 juta masa kerja 7 tahun sedangkan atasan langsung saya masa kerja 0 th lulusan ODP gajinya 5,5 juta…pak Dahlan Iskan bantu dong..nanti kami pilih bapak sebagai presiden 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *