Ekonomi dan Bisnis, Headline

Entrepreneurship, Kunci Penyelesaian Kemiskinan dan Pengangguran

Permasalahan di Indonesia mengenai kemiskinan dan pengangguran seharusnya bisa diselesaikan secara bersamaan. Tidak hanya menyelesaikan pengangguran saja atau menyelesaikan masalah kemiskinan saja. Angga Bratadharma

Jakarta–Masalah pengangguran di Indonesia menjadi masalah klasik yang harus bisa diselesaikan secara sistemik dan berkelanjutan. Karenanya, dibutuhkan suatu solusi tepat dan dukungan terhadap solusi tersebut, baik secara regulasi maupun secara sistem.

“Sebenarnya masalah pengangguran dan kemiskinan bisa dipecahkan permasalahanya dengan entrepreneurship”,tukas Deputi Bidang IV Koordinasi Industri dan Perdagangan, Kemenko Perekonomian RI Eddy Putra, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu, 7 April 2012.

Ia mengatakan, permasalahan di Jakarta mengenai kemiskinan dan pengangguran seharusnya bisa diselesaikan secara bersamaan. Tidak hanya menyelesaikan pengangguran saja, atau menyelesaikan masalah kemiskinan saja.

“Harus keduanya. Jadi, diselesaikan pengangguran, juga kemiskinan. Kan tidak mau juga kita bekerja, tapi tidak hidup layak. Dibutuhkan keduanya, yaitu bekerja dan hidup layak”, tegasnya.

Ia menambahkan, dibutuhkan populasi berbasis wirausaha untuk menciptakan lapangan kerja luas bagi masyakarakt di Indonesia. Karenanya, Kemenko akan terus mendukung setiap kegiatan yang akan mendukung wirausaha di Indonesia maju dan berkembang.

“Kita meyakini Indonesia akan bisa tumbuh 6,3%-6,7% di 2012 nanti. Itu berarti kita bisa meningkatkan pembangunan di Indonesia, dan pemerataan kesejahteraan di Indonesia”, tukasnya.

Namun, harus ada perubahan mindset dikalangan masyarakat agar berubah pemikiranya, yang tidak hanya menjadi pegawai suatu institusi saja, tapi juga menjadi wirausaha.

“Dengan begitu, wirausaha ini bisa menyumbangkan sumbangsihnya kepada perekonomian di Indonesia”, tutup Eddy. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *