Ekonomi dan Bisnis

Ketersediaan BBM Minim, Indonesia Perlu Energi Alternatif

Sedemikian vitalnya ketersediaan energi bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara membuat hampir semua negara berlomba-lomba untuk menguasai sumber energi yang disediakan alam dalam bentuk fosil. Angga Bratadharma

Jakarta–Keterbatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia diperkirakan pada beberapa tahun mendatang akan habis ketersedianya. Karena itu, diperlukan penyediaan energi alternatif.

Tim Energi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) Soehari Sargo mengatakan, dalam beberapa tahun ke depan, ketersediaan BBM atau bahan bakar bersumberkan fosil akan habis. Diperlukan energi lain untuk masyarakat.

“Saya rasa akan habis dalam beberapa waktu. Perlu ada energi alternatif”, ujarnya, kepada Infobanknews.com, saat ditemui di  Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Senin, 4 Juni 2012.

Menurutnya, Indonesia harus bisa menyediakan energi alternatif selain melakukan pembatasan konsumsi BBM kepada masyarakat. Pasalnya, dengan adanya upaya tersebut akan membuat Indonesia memiliki cadangan energi.

“Seperti negara lain. Coba lihat Brazil, Amerika Serikat. Kita juga kalau bisa menyediakan energi alternatif”, imbuhnya.

Seperti diketahui, saat ini manusia dihadapkan kepada kenyataan bahwa ketersediaan energi dewasa ini membuat masyarakat memahami tanpa energi, maka standar hidup manusia tidak dapat ditingkatkan lagi.

Sedemikian vitalnya ketersediaan energi bagi pertumbuhan perekonomian di suatu negara membuat hampir semua negara berlomba-lomba untuk menguasai sumber energi yang disediakan alam dalam bentuk fosil.

Namun, seiring pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk, menyebabkan eksploitasi sumber energi fosil yang berlebihan. Bahkan, Indonesia yang semula merupakan anggota negara pengekspor minyak bumi diprediksi akan menjadi ketergantungan negara pengimpor energi pada 2030. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *