Headline, Moneter dan Fiskal

BI Siap Antisipasi Lonjakan Transaksi RTGS dan SKNBI

Pada Hari Raya Lebaran tahun lalu, Bank Indonesia mencatat lonjakan transaksi harian RTGS dan SKNBI naik sangat signifikan, yang siap diantisipasi di masa Lebaran tahun ini. Paulus Yoga

Jakarta–Selain peningkatan kebutuhan uang tunai, jumlah transaksi Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pun mengalami peningkatan secara signifikan pada masa Ramadhan dan Hari Raya Lebaran.

“Tahun lalu rekor pecah untuk RTGS, saat Lebaran transaksi harian mencapai 100 ribu transaksi, jauh di atas rata-rata harian yang cuma 55 ribu sampai 60 ribu,” tukas Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Senin, 23 Juli 2012.

Ia menjelaskan, selama tahun 2011, untuk RTGS jumlah transaksi tertinggi terjadi pada H-2 Lebaran, dengan lonjakan transaksi mencapai 100 ribu transaksi dengan nilai mencapai Rp446 triliun.

Sementara untuk kliring, lanjutnya, melonjak menjadi 772 ribu transaksi dengan nilai Rp18,8 triliun pada hari pertama masuk kerja setelah libur hari raya Lebaran, padahal rata-rata harian hanya sekitar 300 ribu transaksi.

“Tahun ini untuk RTGS perkiraan tidak akan jauh dari 100 transaksi, karena waktu hari libur yang berkurang jadi enam hari dibanding tahun lalu yang sampai sembilan hari. Kita antisipasi dari sisi infrastruktur, back up kita sediakan full. Ini sistem masih oke. Volume transaksi baik RTGS dan kliring selalu meningkat rata-rata 13,7% di atas transaksi normal harian,” imbuhnya.

Menurutnya, penggunaan RTGS sendiri biasa digunakan antar bank karena nilai transaksinya sangat besar, demikian biaya yang dikenakan lebih mahal. Sementara untuk kliring, sambungnya, bisa digunakan masyarakat karena dari sisi waktu sudah tidak kalah dengan RTGS.

“Kita dorong dengan infrrastruktur yang baik. Kliring juga udh ada ‘Si Kilat. Kalau kita kirim uang, transfer uang, itu pasti disodorin RTGS, biasanya orang pilih RTGS untuk hari yang sama, tapi biaya lebih mahal. Tapi kliring Si Kilat (Sistem Kliring Kini Lebih Cepat) juga bisa sampai di hari yang sama dengan biaya yang lebih murah,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *