Headline, Pasar Modal

Bunga ORI 009 Ditetapkan Sebesar 6,25%

Investor domestik bisa melakukan pembelian obligasi ini dengan minimum pemesanan Rp5 juta dan kelipatan Rp5 juta, serta maksimum pemesanan Rp3 miliar. Dwitya Putra

Jakarta–Pemerintah menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) 009 dengan besar kupon 6,25%. Masa penawaran ORI009 berlangsung mulai 21 September sampai dengan 5 Oktober 2012.

“Pemerintah menetapkan besar kupon ORI009 sebesar 6,25%, dengan minimum pemesanan Rp5 juta dan kelipatan Rp5 juta, serta maksimum pemesanan Rp3 miliar. Minimum holding periode satu masa pembayaran kupon pertama 10 Oktober-15 November 2012,” kata Pjs Dirjen Pengelolaan utang Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan, di kantor Kementerian Keuangan, di Jakarta, Jumat, 21 September 2012.

Menurut Robert, tujuan penerbitan ORI009 adalah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan APBNP 2012, dan mengembangkan pasar Surat utang Negara domestik melalui diversifikasi instrumen sumber pembiayaan dan perluasan basis investor.

“Ini penggunaan ORI sebagai salah satu channel untuk pembiayaan dengan diversifikasi utang. Ini memperkaya supaya akses kita tidak sedikit,” jelasnya.

Penerbitan ORI009 layaknya penjualan ORI sebelum-sebelumnya yang ditargetkan terutama pada investor individu domestik.

Untuk memenuhi target penjualan ini, agen penjual ORI akan melakukan kegiatan marketing di 28 kota di seluruh Indonesia termasuk Indonesia Tengah dan Timur seperti Biak, Sorong, Kendari, Ternate, Gorontalo, Kupang dan Ambon.

Pemerintah menunjuk 22 agen penjual ORI009 yang terdiri dari 17 bank dan 5 perusahaan sekuritas. Adapun agen penjual ORI009 adalah 17 bank dan 5 sekuritas, yaitu Citibank NA, Bank ANZ Indonesia, Bank Bukopin, BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, BII, Bank Mandiri, BNI, Bank OCBC NISP, Bank Panin, BPD Jabar dan Banten, Bank Permata, BRI, Bank UOB Indonesia, Standard Chartered Bank, HSBC, Danareksa Sekuritas, Mega Capital Indonesia, Reliance Securities, Trimegah Securities dan Valbury Asia Securities. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *