Pasar Modal

Investor Lokal Butuh Pengetahuan Investasi

Dengan pengetahuan investasi yang luas, diharapkan rata-rata transaksi harian bisa sesuai dengan total kapitalisasi yang besar. Dwitya Putra

Jakarta–Kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini lebih besar dibandingkan dengan kapitalisasi pasar bursa Thailand, namun tidak dengan rata-rata transaksi hariannya.

Otoritas BEI menilai hal tersebut karena sosialisasi yang dilakukan khususnya dalam hal edukasi kepada investor masih minim.

“Hal tersebut lebih kepada perbedaan budaya dan edukasi yang didapatkan oleh investor domestik di Indonesia dibandingkan dengan investor di Thailand,” kata Direktur Teknologi Informasi BEI, Adikin Basirun di gedung BEI, Jakarta, Senin, 12 November 2012.

Ia menuturkan bahwa investor Indonesia saat ini membutuhkan pengetahuan investasi yang  lebih luas tentang investasi di instrumen portofolio seperti saham, obligasi, exchange traded fund (ETF), waran maupun derivatif.

“Semakin dewasa pengetahuan investor saat memilih investasi maka manajemen risiko yang dimilikinya semakin baik. Ketika kesadaran investasi semakin tinggi maka investor dapat mulai berinvestasi di tingkat risiko yang terkendali dengan return yang optimal,” jelas Adikin.

Seperti diketahui, berdasarkan data World Federation Of Exchange, total transaksi harian selama 2011 di bursa Indonesia sebesar USD109,19 miliar sedangkan di bursa Thailand sebesar USD222,11 miliar.

Untuk bursa Malaysia sendiri total transaksi hariannya di sepanjang tahun lalu sebesar USD135,52 miliar dan bursa Singapura USD284,28 miliar.

Padahal dari sisi kapitalisasi pasarnya, di 2011 lalu meski masih kalah dibandingkan bursa Malaysia (USD395,62 miliar) dan bursa Singapura (USD598,27 miliar), namun bursa Indonesia (USD390,10 miliar) masih lebih besar dibandingkan bursa Thailand (USD268,48 miliar). (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *