Ekonomi dan Bisnis

McKinsey: 2030 Indonesia Akan Menjadi Negara Maju

Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi negara yang maju. Bahkan, terdapat fakta-fakta yang tersedia. Bila ditambah mampu menyelesaikan maslah yang ada, hal itu akan lebih mudah terealisasi. Angga Bratadharma

Jakarta–Pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun terus bertumbuh dengan baik bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, terutama pada saat krisis yang tengah terjadi. Bahkan, diprediksi pada 2030 Indonesia akan menjadi negara maju. Disebutkan oleh McKinsey Global Institute bahwa Indonesia menjadi negara maju adalah hal yang bisa terjadi.

“Indonesia berpotensi menjadi negara maju. Apalagi ada fakta-fakta yang menunjukkan hal tersebut”, kata Chairman McKinsey Global Institute Raoul Oberman, dalam paparanya kepada peserta acara Penyatuan Visi ‘Bersama menuju Indonesia Maju 2030’ di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa, 13 November 2012.

Raoul menerangkan, fakta-fakta yang dimaksud adalah stabilnya ekonomi Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, sekitar 90% pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari wilayah diluar Jawa, sekitar 11% ekspor komoditas berasal dari sektor nonmigas, pemakaian sumber daya yang sudah berkurang hingga 7%, dan 60% pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan produktivitas.

“Saatnya Indonesia berbenah diri dan menuju perekonomian yang terus membaik dari tahun ke tahun. Ini merupakan kebangkitan Asia, termasuk Indonesia. Jadi, Indonesia memang punya potensi menjadi negara maju pada tahun-tahun mendatang”, tuturnya.

Sementara itu, ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung menyatakan optimisme bahwa Indonesia sebagai negara maju adalah cita-cita yang mampu digapai. Pasalnya, Indonesia mempunyai banyak potensi yang mendukung hal tersebut. Apalagi, hal tersebut bisa semakin kuat bila Indonesia bisa meneyelesaikan masalah-masalah yang ada.

“Indonesia negara maju bukanlah sekedar mimpi. Kemajuan Indonesia harus bertumpu pada sesuatu yang menjadi kekhususan indonesia, sesuatu yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia”, ujar CT.

Menurutnya, Indonesia negara maju bisa digapai karena Indonesia memiliki modal yang besar untuk menjadi maju. Indonesia memiliki kekayaan alam dengan spektrum yang luas. “Ada bebberapa hal yang membuat optimisme itu terwujud”, pungkas CT. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *