Info Anda

Transaksi Aneh Kartu Kredit Mega Carrefour

Saya pemegang kartu kredit Bank Mega Carrefour No. 4890 8700 5575 XXXX. Kejadiannya pada 8 Oktober 2012 pagi, saya melakukan transaksi online dijejaring sosial dengan nilai transaksi $25, tetapi begitu saya masukan nomor kartu dan security code, tidak ada respon apapun dari situs tersebut (sukses/gagal).

Saya curiga, kemudian menghubungi customer service (CS) Bank Mega untuk menanyakan status transaksi saya tersebut. Sang CS menjawab bahwa memang transaksi saya senilai $25 sudah ada, tetapi belum dibukukan alias pending. Kemudian saya mengajukan apa bisa di-cancel transaksi tersebut? CS menjawab, jika saya ingin cancel harus menghubungi merchant-nya ( situs jejaring sosial tersebut).

Saya bingung, kemana saya harus telepon? Sedangkan situs jejaring sosial tidak ada nomor telepon atau lainnya. Saya berpikir, ya sudahlah saya relakan uang $25 mungkin ini karena keteledoran saya yang masih awam mau coba-coba transaksi online.

Lalu saya mengajukan pemblokiran kartu kredit saya. Saya khawatir namanya dunia maya mungkin kartu kredit saya bisa digunakan oleh pihak lain dengan menggunakan kecanggihan internet, tetapi dijawab oleh CS tersebut bahwa pemblokiran harus oleh pihak terkait, tidak bisa mendadak. Saya semakin bingung, bagaimana jika kartu saya hilang atau dicuri? Berarti saya tidak bisa memblokir langsung.

Jika harus menunggu beberapa hari untuk dihubungi pihak terkait, kartu kredit yang hilang tersebut pasti sudah digunakan pihak lain. Akhirnya, beberapa jam kemudian, karena saya khawatir saya telepon lagi CS Bank Mega, berharap dengan CS yang lain bisa diblokir agar saya tenang.

Alangkah kagetnya saya ketika CS yang kedua memberitahukan bahwa transaksi saya sudah 4 x @ $25. Berarti kartu kredit saya sudah ada yang menggunakan lagi sebanyak 3 kali (terbukti kekhawatiran saya ). Saya langsung complain kepada CS tersebut bahwa tadi pagi beberapa jam yang lalu saya sudah mengajukan pemblokiran, tetapi tidak bisa. Akhirnya terjadi hal seperti ini. CS tersebut langsung menjawab, “Ya sudah kartu Bapak kita blokir sekarang”.

Aneh sungguh aneh. Setelah terjadi hal yang tidak diinginkan baru bisa diblokir dan yang paling aneh lagi, setiap CS berbeda keputusannya. Dimana respon cepat dan perlindungan kartu kredit Bank Mega Carrefour terhadap konsumennya? Saya sudah mengirimkan form sanggahan terhadap transaksi tersebut via faksimili, tetapi harus menunggu 45 hari proses investigasi. (*)

Andri Supriatna
Jl. Sauyunan Mas Barat, Kebonlega, Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat

 

15 comments

  1. wah… siapa yang tanggungjawab kalo gitu tuh? duitnya masih bisa balik gak yang 3x$25? kan itu keteledoran CS pertama???

  2. kalo seumpama kejadian itu saya,tidak akan saya bayar sekalian tagiannya..bank goblok..!! limit ecek2…masih nyusahin orng..betul2 cs bodoh,kenapa bisa kerja sebagai cs…ah…nasabahnya juga kurang berani,lawan saja bank bodoh seperti ini…cerita konyol..!!

  3. saya pernah ngalamin kasus begini di 2012, creditcard BNI vs citilink garuda indonesia. udah jelaskan nama pelaku2nya? saya telp BNI disuruh telp citilink, saya telp garuda disuruh telp BNI, telp BNI disuruh telp lagi karna toko nya, telp lagi ke citilink disuruh telp BNI karena duit saya ada di BNI tambahan bilang yang kaya gini sering terjadi dan yang harusnya telp adalah pihak BNI bukannya saya(ada bnernya juga dikit). saya telp BNI (lageehhh) minta batalin (cancel nyewwoott gettoohh sayah) mreka bilang ttep gk bisa shitt..saya ke lagi minta di cancel..telp..diterima sma yg gelagapan..dy juga bolak balik ke atasannya (posisi telp masih tersambung dgn sayah)..akhirnya bisa pihak citilink yg mng’OK’kan…. kamprett

  4. Waduhhhh…jangan.bank nya dong yg dibilang bodoh saudara hlemi…jgn pak hlemi ini ada masalah pribadi ya dgn bank nya..hahahahahahahaha
    salah sendiri, ga pernah transaksi online kok coba2…
    Coba diingat, berapa kali pak andri enter transaksi? Menurut pengalaman saya, tidak mungkin transaksi online JIKA dilakukan di komputer pribadi tanpa remember pasword bisa diakses oranglain.
    Transaksi online dgn cc pun akan diminta 3 angka dibelakang kartu.siapa yg tau selain pak andri?

    • @Median, Anda seharusnya nggak boleh menyebut orang salah sendiri, itu biasanya jawaban pihak yang nggak mau disalahkan. Kalau transaksi online saja bisa, seharusnya nggak jadi masalah. Terbukti bank tsb tidak siap antisipasi jika terjadi kasus demikian.

  5. median>> apa c yg gak bisa dilakukan di jaman skrg?? kartu ATM yg masih di dompet kita aja tau2 nilai didalamnya sudah hilang. itu ulah orang2 pinter yg menyalah gunakan kepintarannya. semakin hebat teknologi apapun bisa terjadi.karna manusialah yg menciptakan teknologi.

  6. Udah jng pada adu argumen disini mendingan langsung datangin pihak penerbit kartu kredit nya aja..
    Kalo mau komplen kan lebih enak datang langsung ketemu muka biar lebih puas.

  7. @Om Median. bank nya jg memang bodoh, bs memperkerjakan cs seperti itu. kalo bank masih ga cepat bertindak juga. bakalan banyak org jadi korban lagi. om median juga bodoh, karena masih menganggap statement ini benar :
    “Menurut pengalaman saya, tidak mungkin transaksi online JIKA dilakukan di komputer pribadi tanpa remember pasword bisa diakses oranglain”.

  8. Anda seharusnya nggak boleh menyebut orang salah sendiri, itu biasanya jawaban pihak yang nggak mau disalahkan. Kalau transaksi online saja bisa, seharusnya nggak jadi masalah. Terbukti bank tsb tidak siap antisipasi jika terjadi kasus demikian.

  9. Aq jg baru aja ngalamin Kebobolan kartu kredit mega carrefour, tanpa disadari kartu kredit ga ada di dompet dan sudah digunakan org lain sekitar 7jtan mulai tgl. 1 agustus smpai hari ini aq baru blokir :’(
    Baru sy sadari sore td pas terima lembar tagihan dan ternyata banyak tagihan yg saya tidak melakukan transaksi, mgkin tanpa sy sadari kk sy tercecer wktu melakkan transaksi terakhir di indomaret kayu jati rawamangun
    kl begini siapa yg harus bayar yaa? Mohon infonya friends tq

  10. Saya juga pernah kebobolan transaksi CC di Internet. Ketika lapor ke Bank Mega, juga dilakukan investigasi dan cepat terselesaikan, krn memang terbukti transaksi yang masuk kartu bukan transaksi saya (waktu itu utk bayar iklan on line). Bank Mega saran spy CC ditutup dan diganti kartu baru. Nah itu yang makan hati, proses pengiriman kartu baru memakan waktu berbulan-bulan, dari awal tahun sampai Agustus baru sampai rumah. Kata bank Mega, kurir sdh sampai rumah tapi sy tdk ada di rumah. Padahal kerja saya di depan komputer di dlm rumah. Ini contoh kurir tdk cerdas, sdh ada bel rumah, nomor hp, masih juga ketuk-ketuk pintu. Mana saya dengar, pintu depan cukup jauh dari ruang kerja.

  11. kalau transaksi di internet memang sebaiknya cukup 1 enter saja kl gagal mending di stop karena ada kemungkinan transaksi diblokir oleh antivirus sehingga kalau kita terus menerus enter akan terjadi double tagih spt kasus tsb terjadi 4x tagih.
    kl pengalaman buruk sama bank mega mah pernah dikirim surat tagihan padahal saya sudah bayar. yg bikin kesel itu tgl surat 4 hari setelah tgl bayar sedangkan saya bayar melalui teller bank mega yang langsung online saat itu juga diterima dan CS nya susahhhhh bener ditelp dan kalaupun masuk sptnya meraka gak tau apa. apalagi skrg cuma bisa diakses melalui HP bikin abis pulsa aja

  12. whewwww jadi was-was juga saya yg baru aja bikin cc mega carrefour. Musti ekstra hati2 pakai kartu kredit yaa, krn pas transaksi nggak diminta input nomer pin, jdi kalo sampe hilang, ya wassalam deh, harus cepet2 diblokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *