Headline, Teknologi

UKM Rentan Terhadap Virus, Worm, dan Spyware

Dibanding perusahaan-perusahaan besar, UKM lebih banyak menderita karena malware, namun kesadaran mereka untuk melindungi diri dari malware masih ketinggalan dibanding perusahaan besar. Rully Ferdian

Jakarta–Survei Global IT Security Risk, yang dilakukan oleh B2B International untuk Kaspersky Lab menemukan, Usaha Kecil Menengah (UKM) umumnya lebih rentan terhadap virus, worm, spyware dan program berbahaya lainnya.

Dalam keterangan pers-nya, di Jakarta, Kamis, 1 November 2012, dijelaskan, hasil survei memperlihatkan, 63% perusahaan kecil dan 60% perusahaan menengah pernah menghadapi masalah malware dalam jaringan mereka dalam 12 bulan terakhir. Sebaliknya, perusahaan-perusahaan yang lebih besar, cenderung lebih menderita karena ancaman lain, seperti kegiatan mata-mata perusahaan, phising, dan serangan DDoS.

Penelitian yang sama menunjukkan bahwa perusahaan yang lebih kecil mengimplementasikan langkah-langkah keamanan IT yang kurang baik dibanding perusahaan besar. Sebanyak 19% perusahaan kecil dan 15% perusahaan menengah setuju bahwa mereka bertindak reaktif, mereka baru fokus pada keamanan IT setelah terjadi masalah. Dari seluruh UKM hanya kurang dari seperempat yang menilai diri mereka sebagai “sangat proaktif”.

Selain itu, perusahaan besar memiliki tingkat kesadaran dan kompetensi keamanan IT yang lebih tinggi. Sekitar setengah dari perusahaan-perusahaan ini hanya menggunakan solusi keamanan berlisensi dan berbayar, sementara 70% responden dari perusahaan kecil dan 58% perusahaan menengah percaya produk tidak berlisensi juga bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan.

Temuan survei ini menunjukkan bahwa UKM berada dalam bahaya karena lemahnya keamanan IT mereka. Demi menjaga keamanan bisnis, penting bagi mereka untuk mengubah sikap terkait risiko ini dan meningkatkan perlindungan.

Survei Global IT Security Risks yang diadakan pada Juli 2012 mengumpulkan opini dari 3.300 profesional keamanan IT di 22 negara. Mereka memberi komentar terkait masalah-masalah utama dalam lingkungan mereka. Seluruh responden terlibat aktif dalam pengambilan keputusan IT di perusahaan mereka. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *