Headline, Perbankan

Lewat CoOLPAY BII, AirAsia Maksimalkan Penjualan Tiket dari Travel Agent

Kerja sama dengan BII untuk penyediaan layanan pembayaran online diharapkan AirAsia bisa meningkatkan kontribusi penjualan melalui biro perjalanan. Paulus Yoga

Jakarta–PT Indonesia AirAsia berharap banyak dari kerja sama layanan cash management dengan PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII). Lewat layanan BII CoOLPAY perseroan mematok kontribusi penjualan melalui biro perjalanan (travel agent) bisa terpantau dan terus meningkat.

“Sebelumnya itu 87% penjualan melalui internet booking. Ini tidak bisa diketahui berapa besar yang dari biro perjalanan,” ujar Presiden Direktur AirAsia Dharmadi, kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 15 Februari 2013.

Ia menambahkan, potensi penjualan dari biro perjalanan sendiri sangat besar, perseroan membidik 4 ribu biro perjalanan untuk bisa masuk ke sistem CoOLPAY ini, di mana 1.500 di antaranya sudah terdaftar.

“Ini kan semacam tools (alat) buat mereka untuk mempermudah transaksi. Ini baru berjalan, minggu ini kontribusi 13% dari CoOLPAY. Ini akan nambah terus,” tuturnya.

Menurutnya, AirAsia sendiri menjadi maskapai yang cukup mengandalkan penjualan dari internet. Melalui CoOLPAY, lanjut Dharmandi, perseran berharap bisa lebih transparan dan bisa meyakinkan masyarakat.

“Ini (lewat CoOLPAY) memang harganya sedikit lebih mahal dari beli sendiri. Tapi ada servis (layanan) lebih. Nah ini servis fee terserah travel agent,” ucapnya.

Head of Distribution AirAsia Suryawan Sutjitro menjelaskan, dengan layanan ini setiap biro perjalanan bisa dengan mudah melakukan top up sesuai dengan kebutuhannya. AirAsia akan memberikan ID bagi biro perjalanan yang mau memanfaatkan layanan ini, dengan syarat melakukan membuka rekening terlebih dahulu ke BII.

“Top up Rp5 juta, tidak dibatasi maksimalnya. Sampai saat ini ada Rp50 juta paling besar, ini kan tergantung travel agennya. Tapi kami berikan beberapa program dari transaksi travel agent, itu mereka dapat komisi 5-7%,” tukasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *