Headline, Perbankan

Tabungan BRI Junio Peringkat Pertama Top Brand Award

Peningkatan kinerja yang sangat signifikan dari produk Tabungan BRI Junio, ternyata sejalan dengan kacamata masyarakat yang dari survei menempatkan produk ini sebagai Top Brand. Paulus Yoga

Jakarta–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mencatat pertumbuhan cukup signifikan untuk Tabungan BRI Junio, sebesar 61% mencapai Rp1,7 triliun dari 758 ribu rekening pada akhir 2012, dibanding posisi akhir tahun sebelumnya sebesar Rp1,05 triliun dari 382 ribu rekening.

Kinerja tersebut diapresiasi Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group, dengan mengganjar penghargaan top brand untuk kategori tabungan bagi anak-anak. Selain Tabungan BRI Junio, beberapa produk BRI juga menyabet beberapa penghargaan.

“Yang paling membanggakan bagi BRI, Tabungan BRI Junio berada di peringkat pertama untuk kategori tabungan bagi junior, dengan raihan top brand index (TBI) mencapai 40,1%. Hal tersebut sebagai bukti perseroan yang berupaya dalam memenuhi semua kebutuhan nasabah dari segala tingkatan usia,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, 6 Februari 2013.

Top brand award sendiri diberikan kepada merek yang memenuhi dua kriteria, yaitu memeroleh TBI minimal 10% dan berada dalam tiga teratas dalam kategori produk berdasarkan survei. Adapun TBI diukur dalam survei melalui parameter, yakni merek yang pertama kalo disebut responden, mereka yang terakhir kali digunakan dan merek yang ingin digunakan.

“Ada lima (termasuk Tabungan BRI Junio) kategori penghargaan yang diraih BRI, antara lain Deposito BRI peringkat ketiga. Untuk produk tabungan ada Tabungan BRI Britama di peringkat kedua. Untuk produk kartu ATM peringkat ketiga, dan call center perbankan di peringkat ketiga,” papar Ali.

Khusus untuk Tabungan BRI Britama, perseroan mencatat ada 9,24 juta rekening dengan dana himpunan sebesar Rp69,9 triliun pada akhir 2012, meningkat dibanding posisi akhir tahun sebelumnya sebanyak 7,06 rekening dengan nilai sebesar Rp59,3 triliun.

Dari deposito, tercatat sebanyak 453 ribu rekening dengan nilai sebesar Rp174,7 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 418 ribu rekening dengan dana mencapai Rp146,4 triliun.

Sedangkan jumlah pemegang kartu ATM BRI tercatat mencapai 17 juta kartu pada akhir 2012, dibanding 10,5 juta kartu pada akhir tahun sebelumnya. Dari sisi transaksinya pun meningkat dari 482,7 juta transaksi menjadi 789,2 juta transaksi.

“Angka transaksi yang meningkat mengisyaratkan sudah semakin lengkapnya fitur yang diberikan oleh e-channel kami khususnya ATM, sehingga nasabah pun merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi,” pungkas Ali. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *