Headline, Moneter dan Fiskal

Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia Periode 2013-2018

Setelah melakukan rapat internal, Komisi XI DPR akhirnya secara resmi menetapkan Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia menggantikan Darmin Nasution. Angga Bratadharma

Jakarta–Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya secara resmi meloloskan Agus D.W. Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018, menggantikan Darmin Nasution memasuki masa pensiun.

Penetapan Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia sendiri melalui serangkaian voting, berbeda dari agenda awal, dimana pemilihan Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia dijadwalkan melalui langkah aklamasi.

Voting dilakukan oleh Komisi XI setelah Komisi XI melakukan perdebatan yang teramat panjang. Bahkan, rapat internal yang dilakukan pada pukul 13.00 WIB, itu akhirnya berahkir menjadi voting pada sekitar pukul 20.30 WIB.

Ketua Komisi XI DPR RI Emir Moeis mengatakan, akhirnya Komisi XI menetapkan Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia melalui proses voting. Dari 54 anggota Komisi XI, 46 anggota Komisi XI setuju, 7 anggota Komisi XI tidak setuju, dan 1 anggota abstain. Voting dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB setelah Komisi XI melakukan perdebatan yang panjang dan cukup alot.

“Dengan demikian, kita baru saja mengambil keputusan Agus Marto terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia melalui voting. Saya rasa ini menjadi rapat terberat selama 12 tahun di DPR dan merupakan rapat pemilihan yang terberat”, kata Emir, dalam voting yang dilakukan Komisi XI, di Gedung DPR, Jakarta.

Untuk diketahui, Komisi XI telah melakukan rapat internal sebelum secara resmi mengumumkan Agus Marto ditetapkan menjadi Gubernur Bank Indonesia. Rapat internal yang dilakukan berlangsung semenjak pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB.. Lamanya rapat internal itu diakui karena perdebatan yang cukup alot, sebelum alhirnya meloloskan Agus Marto menjadi Gubernur Bank Indonesia. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *