Headline, Moneter dan Fiskal

Kebutuhan Likuiditas Besar, Penempatan pada TD Valas Berkurang

Besarnya kebutuhan likuiditas valas utamanya untuk penyaluran kredit, seiring meningkatnya permintaan, menurut Bank Indonesia membuat penempatan pada TD valas berkurang. Paulus Yoga

Jakarta–Bank Indonesia (BI) menyatakan kebutuhan likuiditas valuta asing (valas) di Tanah Air masih sangat besar untuk dipenuhi. Hal ini terlihat dari penurunan penempatan dana valas perbankan di instrumen Term Deposit (TD) valas.

“Kalau melihat likuiditas di perbankan, dari sumber dananya. Kalau DPK valas naik itu cerminan dari naiknya likuiditas. Dari perkembangan terakhir itu naik. Tapi kita lihat dari sisi asetnya, dalam beberapa waktu terakhir ada juga kenaikan dalam penempatannya,” papar Direktur Eksekutif Pengelolaan Moneter BI Hendar, kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Dari sisi penempatan di bank sentral, lanjutnya, posisi TD valas terakhir sebesar USD2,7 miliar, mengalami penurunan dari posisi tertinggi yang sempat tembus di atas USD3 miliar. TD valas sendiri dihadirkan oleh BI sejak Mei 2012, untuk menjembatani pasar uang antar-bank, khususnya dalam valas, yang kurang berjalan karena adanya counter party risk. 

BI memerkenalkan instrumen TD valas agar bisa mengakomodasi bank yang kelebihan maupun kekurangan dana valas. TD valas ditawarkan dalam tiga jenis tenor jangka pendek, yakni 7 hari, 14 hari dan 31 hari. Tingkat bunganya sesuai dengan pasar, pencairan sebelum jatuh tempo, dengan kelebihan keamanan karena ditempatkan di bank sentral sehingga bebas dari ATMR (aktiva tertimbang menurut risiko). Demikian, diharapkan perbankan mengalihkan dana valasnya yang ditempatkan di pasar uang luar negeri kembali ke Indonesia

“Dengan TD valas, itu ada ruang bagi bank untuk menempatkan dana valasnya di BI. Sekarang turun, karena ada kenaikan kebutuhan likuiditas untuk kredit valas. Tapi kita tetap lakukan pembicaraan dengan bank, untuk me-review kembali dan menjaga TD valas tetap atraktif,” pungkas Hendar. (*)

 

One comment

  1. Pingback: Kebutuhan Likuiditas Besar, Penempatan pada TD Valas Berkurang « Bukanmain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *