Headline, Perbankan

Transaksi e-Channel BRI Tembus 1 Miliar

Sebagai salah satu penopang fee based income BRI, peningkatan transaksi e-channel akan terus didorong lebih banyak lagi. Paulus Yoga

Jakarta–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengklaim sangat serius dalam menggarap transaksi perbankan melalui e-Channel. Untuk itu, perseroan mengerahkan ratusan tenaga ahli Teknologi Informasi (TI) dalam menggarap transaksi masa depan ini, yang selama 2012 mencapai 1,01 miliar transaksi.

“Pada tahun lalu transaksi e-channel tembus 1 miliar. Atau persisnya sebanyak 1,015 miliar transaksi,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2013.

Ia memaparkan, pada 2010, total transaksi e-Channel BRI hanya sebesar 356 juta transaksi. Pada 2011, terjadi kenaikkan 100% lebih yakni menjadi 736 juta transaksi. Demikian dalam tiga tahun, ucap Ali, terjadi kenaikkan hampir tiga kali lipat.

Ia melanjutkan, seiring meluasnya jaringan layanan BRI, perseroan terus mendorong kontribusi fee based income (pendapatan non bunga) terhadap total income. Selama 2012, kontribusi fee based income atas total income perusahaan meningkat menjadi 6,9%, dibanding 6,3% pada 2011.

“Untuk fee based income dari bisnis e-channel dan trade finance sendiri, pada akhir tahun 2012 mengalami peningkatan dari tahun 2011 lalu, berturut-turut yaitu 27,5% dan 61,20%,” tukas Ali.

Seiring dengan itu, imbuhnya, pengguna kartu debit (Simpedes dan Britama berkartu) di tahun 2012 meningkat lebih dari 60% dibanding tahun 2011, menjadi 17 juta dibanding 10.5 juta kartu. Dari sisi infrastruktur, jumlah ATM BRI bertambah 7 ribu unit dalam setahun menjadi 14.292 unit per akhir tahun lalu.

Fee ATM dan e-channel serta fee trade finance merupakan fee income berbasis transaksional yang memberikan kontribusi terbesar bagi fee based income BRI. Ke depannya, pertumbuhan FBI akan didorong oleh pertumbuhan fee income yang berbasis transaksional,” pungkas Ali. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *