Moneter dan Fiskal

Menkeu: Inflasi Sudah di Atas Asumsi APBN 2013

Agus D.W. Martowardojo; Waspadai kenaikan BBM. (Foto: Budi Urtadi)

Bila kebijakan respon positif tidak dikedepankan, maka ditakutkan tingkat inflasi pada waktu mendatang bisa lebih tinggi lagi. Angga Bratadharma

Jakarta–Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengaku tengah mewaspadai kemungkinan terjadinya peningkatan inflasi. Kewaspadaan tersebut dilakukan mengingat pemerintah memiliki rencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi pada mobil berplat hitam.

“Saya rasa inflasi perlu diwaspadai sekarang ini. Karena asumsi APBN 2013 itu ditetapkan inflasi 4,9%, namun sampai Maret ini inflasi sudah 5,9% secara year-on-year. Ini sudah berada di atas batas, karena pengaruh hortikultura dan harga pangan lain,” ujar Agus Marto, saat ditemui di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu, 17 April 2013.

Menurutnya, inflasi yang tinggi sekarang ini perlu diwaspadai dan siap direspon dengan baik oleh pemerintah. Bila kebijakan respon positif tidak dikedepankan, maka ditakutkan tingkat inflasi pada waktu mendatang bisa lebih tinggi lagi. Karenanya, kewaspadaan sedari dini akan dijadikan dasar untuk mengambil sebuah kebijakan untuk meredam tingkat inflasi ng sudah melewati ketetapan asumsi APBN sekarang ini.

“Ini menjadi salah satu yang perlu direspon dengan baik. Saya ingatkan bahwa masalah BBM sangat ada dampak kepada inflasi yang meningkat. Tentunya kita berharap agar hal itu jangan terjadi. Rakyat sudah menderita karena inflasi itu”, tutup Agus. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *