Headline, Keuangan

OJK Bakal Minta Laporan Keuangan Bulanan IKNB

OJK; Tingkatkan pengawasan. (Foto: Zidni Hasan)

Penyusunan aturan ini dibuat dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap kinerja keuangan IKNB. Dwitya Putra

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat aturan terkait pelaporan keuangan bulanan untuk Industri Keuangan Non Bank (IKNB). Langkah ini sebagai wujud dalam meningkatkan pengawasan terhadap kinerja keuangan IKNB. Dengan peraturan ini, setiap perusahaan IKNB nantinya wajib melakukan laporan kinerja setiap bulan ke OJK.

“Kita sedang godok, sehingga bisa lebih real time lagi,” kata Deputi Komisioner Manajemen Strategis I OJK, Lucky F.A. Hadibrata, saat ditemui wartawan, di Gedung OJK, Jakarta, Kamis, 11 April 2013.

Namun, saat ditanya kapan deadline peraturan ini, Lucky belum bisa berkomentar banyak. Ia menuturkan, sebisa mungkin OJK akan mengeluarkan secepatnya. Soalnya, saat ini proses membuat aturan tidak bisa secepat seperti masa Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

“Sekarang masih disusun dan tidak bisa dikeluarkan langsung. Nanti kita umumkan ke surat kabar dengan tahap pertama melihat respon industri terlebih dahulu. Jadi proses ada sembilan tahap dan cukup panjang. Namun, harapannya segera,” jelas Lucky.

Sementara terkait sanksi, ia menambahkan, prosesnya akan sama seperti dipasar modal. Mulai dari pemberian peringatan terlebih dahulu, baru denda. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *