Perbankan

Bank BJB Catat Pertumbuhan Kredit Mikro 58%

Direksi BJB; Jaga kualitas kredit. (Foto: Zainal Abdurrani)

Selain program pemasaran dalam rangka ekspansi kredit mikro, dengan pertumbuhan yang jauh di atas rata-rata industri perbankan nasional, merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Bank BJB untuk tetap menjaga kualitas kredit. Darto Wirjosukarto

Jakarta–Perkembangan kredit mikro PT Bank Jabar-Banten (BJB_ terus menunjukkan pertumbuhan.¬† Sampai Mei 2013 pertumbuhan mencapai 58% secara tahunan dari Rp3,41 triliun menjadi Rp5,38 triliun.

Menurut Direktur Komersial Bank BJB Acu Kusnandar, pertumbuhan tersebut akan terus digenjot oleh Bank BJB
mengingat kredit mikro saat ini merupakan salah satu core business Bank BJB.

“Ini menjadi salah satu andalan selain dari skim kredit¬† konsumer, yaitu kredit kepada karyawan berpenghasilan tetap atau sering dikenal dengan Kredit Guna Bhakti,” ujar Acu Kusnandar, dalam keterangan tertulis yang diterima Infobank, di Jakarta, Kamis, 6 Juni 2013.

Upaya untuk mendorong hal tersebut, lanjutnya, dapat dilihat dari beberapa program pemasaran yang telah dilakukan, di antaranya melalui penambahan jaringan kredit mikro yang selama ini lebih dikenal dengan layanan Waroeng BJB yang ditempatkan di beberapa titik strategis, seperti di beberapa sentra perdagangan dan industri.

Diungkapkannya, jaringan Waroeng BJB yang baru saja diresmikan selama 2012, yaitu sebanyak 437 jaringan dan di tahun ini diharapkan akan bertambah lagi sekitar 200 outlet.

“Untuk lebih meningkatkan layanan yang telah dimiliki Bank BJB khususnya melalui jaringan Waroeng BJB tipe C yaitu kantor fungsional layanan mikro di luar kantor operasional sebagai salah satu kepanjangan tangan dari sektor Lending, di tahun 2013 ini diharapkan jaringan dimaksud akan menjadi salah satu tumpuan dalam sektor fund
raising, yaitu melalui penambahan layanan Waroeng BJB di beberapa Kantor Kas,” paparnya.

Selain peningkatan jumlah jaringan dalam rangka ekspansi Kredit Mikro, masih kata Acu, Bank BJB memiliki program Undian Mikro Berhadiah. Hadiahnya berupa 1 unit mobil pick up sebagai hadiah grand prize dan 8 unit
motor pick up. Jenis hadiah yang diberikan sengaja disesuaikan dengan tema untuk membantu debitur dalam meningkatkan usahanya.

Acu Kusnandar menambahkan, selain program pemasaran dalam rangka ekspansi kredit mikro, dengan pertumbuhan yang jauh di atas rata-rata industri perbankan nasional, merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Bank BJB untuk tetap menjaga kualitas kredit.

“Saat ini kredit mikro Bank BJB memberi kontribusi 13,5% terhadap total kredit yang disalurkan. Sedangkan jumlah debitur mencapai 90.000 hal ini terjadi peningkatan jumlah nasabah sebesar 35,1% dibanding periode sebelumnyan” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *