Headline, Keuangan

Jawara Rating 123 Asuransi versi Infobank

Biro Riset Infobank; Pertahankan kinerja. (Foto: Zidni Hasan)

Perusahaan asuransi baik jiwa maupun umum mampu mempertahankan pertumbuhan bisnis dan mempertahankan rasio-rasio di atas standar regulasi maupun industri. Angga Bratadharma

Jakarta–Rating 123 Asuransi versi Infobank 2013 menunjukkan bahwa lebih dari separuh perusahaan asuransi berkinerja sangat sehat dan berhasil meraih predikat “Sangat Bagus”. Bahkan, Asuransi Jiwa Mega Life mendapat predikat “Sangat Bagus” untuk perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto Rp1 triliun ke atas.

Chief of Research Biro Riset Infobank (BirI) Ateng Anwar Darmawijaya mengatakan, perusahaan-perusahaan asuransi baik jiwa maupun umum sekarang ini telah mampu mempertahankan pertumbuhan bisnis dan mempertahankan rasio-rasio di atas standar regulasi maupun industri dan mencatat skor penilaian minimum 81% diberi predikat “sangat bagus”.

“Dalam Rating 123 Asuransi versi InfoBank 2013, Biro Riset InfoBank melakukan pendekatan terhadap laporan keuangan publikasi”, kata Ateng, saat press conference “Rating 123 Asuransi Versi Infobank 2013, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2013.

Ateng mencontohkan, pendekatan terhadap laporan keuangan publikasi misalnya untuk perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dengan 10 kriteria, yaitu RBC, rasio likuiditas, dana jaminan/cadangan teknis, investasi/cadangan teknis plus utang klaim, aktiva tetap/modal sendiri, pendapatan investasi netto/rata-rata investasi, rasio beban klaim neto/pendapatan premi neto, rasio laba dengan rata-rata modal sendiri.

Dengan rasio tersebut, perusahaan asuransi jiwa yang mendapat predikat “Sangat Bagus” dengan premi bruto Rp1 triliun ke atas, yakni lima teratas adalah, pertama, Asuransi Jiwa Mega Life. Kedua, Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera. Ketiga, Commonwealth Life. Keempat, Asuransi Allianz Life. Kelima, Prudential Life Assurance.

Sedangkan perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto Rp200 miliar sampai dengan di bawah Rp1 triliun, yang berpredikat “Sangat Bagus” hanya ada tiga, yaitu pertama, Heksa Eka Life Insurance. Kedua, Asuransi Cigna. Ketiga, Equity Life Indonesia.

Sementara itu, perusahaan asuransi jiwa yang premi brutonya di bawah Rp200 miliar dan mendapat predikat “Sangat Bagus”, hanya ada dua, yaitu pertama, Asuransi Jiwa Kresna. Kedua, Asuransi Jiwa Recapital.

Lebih dari itu, dalam Rating 123 Asuransi versi Infobank 2013, dengan 10 kriteria penilaian, untuk kelas perusahaan asuransi umum dengan premi Rp500 miliar ke atas dan berpredikat “Sangat Bagus” lima teratas adalah, pertama, Asuransi Bangun Askrida. Kedua, Raksa Pratikara. Ketiga, Jasaraharja Putera. Keempat, Asuransi Adira Dinamika. Kelima, Asuransi Indrapura.

Sedangkan perusahaan asuransi umum dengan premi bruto Rp100 miliar sampai dengan di bawah Rp500 miliar dan berpredikat “Sangat Bagus”, lima teratas adalah pertama, Pan Pacific Insurance. Kedua, Central Sejahtera Insurance. Ketiga, Asuransi Tri Pakarta. Keempat, Citra International Underwriters. Kelima, Asuransi Multi Artha Guna.

Sementara itu, perusahaan asuransi umum dengan premi bruto di bawah Rp100 miliar dan berpredikat sangat bagus, lima teratas adalah pertama, Asuransi Raya. Kedua, Asuransi Umum Videi. Ketiga, Asuransi Eka LIoyd Jaya. Keempat, BESS Insurance. Kelima, Arthagraha General Insurance.

Dalam Rating 123 Asuransi versi Infobank 2013, ada tiga perusahaan asuransi yang berpredikat Tidak Bagus, dan ada 4 perusahaan tidak ikut dirating karena status mutual dan ada yang laporan keuangannya tidak lengkap dan dua di antaranya berstatus PKU. (*)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *