Headline, Pasar Modal

Bursa Efek Duet Bareng MNC Luncurkan Indeks MNC36

Peluncuran Indeks MNC36; Sebagai acuan. (Foto: Zidni Hasan)

Dengan Indeks MNC36, investor memiliki acuan atas saham-saham dengan kinerja fundamental yang baik dalam berinvestasi sekaligus bisa mendorong emiten untuk terus meningkatkan kinerjanya agar bisa terpilih masuk dalam Indeks MNC36. Dwitya Putra

Jakarta–PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mengeluarkan indeks saham baru, yakni Indeks MNC36 dengan bekerja sama Media Nusantara Citra (MNC) Group.¬†Indeks ini terdiri dari 36 saham terpilih yang tercatat di BEI. Pada perdagangan pagi ini, Indeks MNC36 dibuka turun¬†3,02% atau 6.10 poin ke level 189.91.

Direktur Pengembangan BEI Frederica Widyasari Dewi mengatakan, BEI berharap para investor memiliki acuan atas saham-saham dengan kinerja fundamental yang baik dalam berinvestasi sekaligus bisa mendorong emiten untuk terus meningkatkan kinerjanya agar bisa terpilih masuk dalam Indeks MNC36.

“Semakin banyak saham-saham yang tercatat di BEI, namun perlu ada acuan yang bisa diikuti menjadi investasi mereka, kami juga mempunyai LQ45 juga sebelumnya sehingga ini dapat menjadi pelengkap,” Kata Frederica di BEI, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2013.

Di kesempatan yang sama, CEO MNC Hary Tanoesoedibjo mengatakan, peluncuran Indeks MNC36 merupakan realisasi dalam dinamika pasar modal Indonesia dengan menyediakan salah satu indeks yang dapat dijadikan acuan oleh pelaku pasar untuk mengukur kinerja saham dengan prospek pertumbuhan tinggi.

Indeks MNC36 juga dapat digunakan sebagai produk investasi dengan menjadi underlying dan Exchange Traded Fund (ETF), reksa dana atau produk derivatif.

“Sementaraa dalam penghitungan penilaian Indeks MNC36 akan dilakukan setiap enam bulan, yaitu setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya, sehingga komponen Indeks MNC36 akan diumumkan setiap awal bulan Mei dan November. Hari dasar penghitungan indeks adalah Desember 2007. Nilai awal indeks adalah 100. Metode penghitungan Indeks MNC36 menggunakan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar,” terang Hary Tanoe.

Peluncuran Indeks MNC36 sendiri bertujuan menjadi salah satu indikator bagi investor untuk berinvestasi saham di BEI sehingga investor dapat berinvestasi pada saham-saham emiten yang memiliki kinerja fundamental yang baik, kapitalisasi pasar yang besar, serta rasio keuangan yang positif. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *