Headline, Keuangan

Komitmen Regulator Kurangi Beban Asuransi

Kerja Sama ACA dan Indomaret; Edukasi keuangan. (Foto: Budi Urtadi)

Meski digodok regulator, perlu pula memandang bahwa potensi bisnis asuransi mikro tidak bisa dilihat dalam periode singkat. Sebab, premi yang ditawarkan terbilang rendah. Angga Bratadharma

Jakarta–Imbauan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang penjualan asuransi mikro mendorong para pelaku asuransi berlomba-lomba mencari inovasi dan berkreatifitas dalam mengemas produk yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah itu.

Inovasi dan kreatifitas yang dimaksudkan juga tidak terlepas dari pelbagai bantuan yang diberikan OJK, yakni berupa regulasi yang akan menyusul seiring waktu dan adanya ketersediaan channel distribusi. Hal itu pun direspon positif oleh PT Asuransi Central Asia (ACA).

Direktur ACA Muljadi Kusuma menilai, dengan adanya komitmen nyata dari OJK soal pengembangan produk asuransi mikro membuat beban perusahaan asuransi di Tanah Air semakin berkurang. Sebab, OJK berkomitmen untuk melakukan edukasi keuangan, termasuk memperkenalkan asuransi mikro.

“Selama ini masyarakat berpenghasilan rendah masih minim soal pengetahuan akan asuransi. Jadi bagus ya karena sosialisasinya juga dibantu oleh OJK”, kata Muljadi, kepada Infobanknews.com, di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2013.

Meski digodok oleh regulator, Muljadi memandang bahwa potensi bisnis asuransi mikro tidak bisa dilihat dalam periode singkat. Sebab, premi yang ditawarkan terbilang rendah, yakni berkisar diharga Rp50 ribu dengan beberapa ketentuan yang berlaku dimasing-masing perusahaan asuransi.

“Dengan harga murah, dirasa perlu ada volume yang besar. Mungkin tahun pertama dan kedua bisa rugi karena volume tidak cukup membayar klaim. Tapi, dengan kerjasama dengan distribusi ini diharapkan dapat meningkatkan volume itu”, ungkap Muljadi.

Dalam konteks ini, inovasi dirasa perlu ada. Karenanya, ACA menggandeng Indomaret untuk memasarkan produk asuransi mikro miliknya. Dengan kerjasama itu, selain sejalan dengan himbauan OJK diharapkan pula dapat mendorong pengembangan asuransi mikro di waktu mendatang.

“Kita sekarang lebih ke volume. Kita memperkenalkan micro insurance. Budget sudah disediakan. Diharapkan bisa terus berkembang”, ujar Muljadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *