Headline, Perbankan, Shariah Insight

BI: Market Share Bank Syariah Sudah 5%

Counter Bank Syariah; Angkanya sempat turun. (Foto: Budi Urtadi)

Tidak dipungkiri kondisi perekonomian global dan adanya tekanan terhadap perekonomian Indonesia ada dampaknya kepada perbankan, termasuk perbankan syariah. Angga Bratadharma

JakartaMarket share perbankan syariah di Indonesia masih terbilang minim. Dari waktu ke waktu pergeseranya masih harus terus digenjot kencang. Namun, Bank Indonesia (BI) mengklaim market share perbankan syariah sekarang ini sudah diangka 5% dan siap diangkat lebih tinggi lagi.

Direktur Perbankan Syariah BI Ahmad Buchori mengatakan, tidak dipungkiri kondisi perekonomian global dan adanya tekanan terhadap perekonomian Indonesia ada dampaknya kepada perbankan, termasuk perbankan syariah. Bahkan, kenaikan suku bunga acuan atau BI Rate memengaruhi bank syariah dari sisi peningkatan risiko kredit dan likuiditas.

“Tapi, kalau kita bicara share perbankan syariah, angkanya sudah 5% pada 2012. Sudah tercapai sebenarnya. Tapi, kan kalau di kita itu dikomanya ada dua digit. Posisi kita 4,58%. Kalau dibulatkan 5%”, jelas Ahmad, dalam Infobank Sharia Finance Awards 2013, di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu, 6 November 2013.

Ahmad tidak menampik perbankan syariah memang perlu terus didorong dan didukung agar market share-nya bisa terus berkembang. Ahmad juga mengaku sebenarnya secara mutlak angka market share perbankan syariah belum berada diangka 5,00%. Posisi terahkir sempat menurun diangka 4,69%, tetapi posisi September 2013 berada diangka 4,81%.

“Ini angkanya dinamis, agak susah kalau berbicara share. Memang tidak sebesar perbankan konvensional. Susah memegangnya meski ini sebagai acuan. Tapi, kurang lebih share perbankan syariah sudah 5%”, kata Ahmad. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *